rss

Entri Populer

VISITOR

Kamis, 09 Desember 2010

MISTAKE IS A LEARNING

Siapa sich yang gak pernah berbuat salah? Pasti semua pernah melakukannya. Tapi kegagalan sebenarnya merupakan sesuatu yang baik bagi anda, jika anda bisa belajar dari kegagalan itu sendiri. Ada suatu proses yang bisa anda gunakan untuk belajar dari keslahan kesalahan anda. Karena semakin banyak anda belajar, semakin dekat anda dengan tujuan – tujuan yang ingin anda capai.
Anda mungkin pernah dihadapkan pada suatu kesalahan, terutama jika anda berusaha melakukan pekerjaan yang tidak pernah anda lakukan sebelumnya. Saat itulah sebenarnya anda dihadapkan juga pada proses pembelajaran, sebagai contoh :Anda pernah memasak nasi, tapi malah menjadi bubur. Karena anda terlanjur melebihkan airnya. Kesalahan yang anda buat akan mengajari anda bagaimana cara memasak nasi yang benar, terutama mengukur air untuk memasak nasi agar menjadi seperti yang anda harapkan.
Ketika anda tau apa yang anda harapkan, terasa lebih sulit untuk menyurutkan anda dari perjalanan anda untuk meraih tujuan-tujuan anda, perlu diingat bahwa : Kita boleh saja bernuat salah, dan berbuat salah bukanlah akhir dari perjuangan hidup ini. Karena satu-satunya orang yang tak pernah berbuat salah adalah orang yang tak pernah mencoba mengerjakan apapun. Jangan menjadi orang yang menyesal karena tidak meraih tujuan anda, hanya karena anda takut membuat kesalahan.
Mengakui kesalahan yang telah anda perbuat dalam hal ini sangatlah penting. Anda tak perlu mengumumkan pada semua orang jika anda telah berbuat salah dan anda menyadarinya sepenuhnya. Cukuplah dengan jujur terhadap diri anda sendiri. Tapi janganlah menghakimi diri ada dengan perkataan-perkataan yang memojokkan diri anda, ketika anda mengakui kesalahn pada diri anda sendiri. Contoh : “ AKU MEMANGALAH TAK BISA MENGERJAKAN APAUN DENGAN BENAR”. Disinilah titik kelemahan anda, karena pemikiran-pemikiran negatife tersebut akan mampu mempengaruhi anda untuk tidak mau mencoba hal-hal yang baru. Itu sama saja dengan tidak melakukan sesuatu, sama saja dngan tidak mau belajar. Yang perlu anda garis bawahi adalah : Kita takkan pernah tau hasilnya seperti apa, jika kita tidak pernah mencoba. Jangan biarkan pikiran negatife anda mengajari anda untuk tidak mencoba sesuatu. Setidaknya pikirkan anda telah berbuat kesalahan, dan anda mau memperbaikinya atau tak melakukannya lagi.
Pelajaran terbesarada pada tanggung jawab anda atas kesalahan – kesalahan yang telah anda perbuat dan kemudianmemperbaiki apa yang salah. Jika apa yang anda kerjakan itu mengalami kegagalan karena anda salah melakukannya, tariklah diri anda dalam masalah tersebut, dan pelajari dimana letak kesalahan anda.
Andapun bisa berbagi cerita kepada orang yang pernah mengalami masalah yang sama seperti apa yang anda alami. Ceritakanlah pada mereka dan dengarkan apa yang mereka katakana untuk menyelesaikan masalah tersebut, terkadang nasihat yang paling berharga dating dari sumber yang tidak kita harapkan. Jadi jangan pernah ragu untuk bertanya pada orang lain.
Kesalahan merupakan bagian dari kehidupan, tanpa kesalahan kita tidak akan memiliki penemuan.

:okay:

5 komentar:

YQN mengatakan...

he'em... bener-bener

Rashid mengatakan...

Belajar dari kesilapan adalah satu kejayaan ..

Nashrul mengatakan...

Yup!!! Kegagalan adalah awal keberhasilan kita,,,,
postingannya mantap, kamu seorang motivator ya????

eh, kalo boleh saran, kenapa wigdet "Welcome&Do Follownya" dipindah ja posisinya, soalnya mengganggu yang baca, menutup sebagian teks... maaff

Nadya Ahyuni mengatakan...

Yaqin: :) :)

K Rashid: bnar bget.... :)

K Nashrul": mksh kmntar n saranx..... btw, klo kyk gini gmna? apa msh mnutupi?? klo mmg hrus di pindh, enakan di pindah sbaalah mana?

sibutiz mengatakan...

gak ada orang sukses tanpa gagal...
thx.

Posting Komentar

 
BY VHINA NADYA AHYUNI